Informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Statistika STIS Tahun 2022 di Turikale

Telah hadir di Masterprima Malang bimbingan belajar persiapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polstat STIS tahun 2022. Masterprima Bimbel Kedinasan Terbaik di Indonesia. Konsulasi klik di sini 0812-3215-3834

 

Berikut profil singkat, jadwal penting, dan tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polstat STIS Tahun 2021 sebagai acuan informasi pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polstat STIS Tahun 2022.

(Perkiraan) Jadwal Penting Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Polstat STIS Tahun 2022

No. Uraian Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Pendaftaran via https://dikdin.bkn.go.id 9 – 30 April 2022
2 Seleksi Tahap 1 24 Mei – 18 Juni 2022
3 Seleksi Tahap 2 6 s.d. 13 Juli 2022
4 Seleksi Tahap 3 28 s.d. 30 Juli 2022
5 Pengumuman Akhir Seleksi 12 Agustus 2022
6 Verifikasi Berkas 14 s.d. 15 Agustus 2022
7 Penyambutan Mahasiswa Baru 16 Agustus 2022

Informasi jadwal terupdate silakan pantau di https://spmb.stis.ac.id

 

Profil Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik. Sekolah kedinasan ini memiliki ikatan dinas sehingga para lulusannya bisa langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan direkrut di instansi instansi yang berhubungan dengan statistika. Pada tahun 2021 Polstat STIS menduduki peringkat ketiga sebagai sekolah kedinasan dengan jumlah pendaftar terbanyak sebanyak 24.002 orang.

Masing masing sekolah kedinasan memiliki syarat dan kriteria bagi para pendaftarnya. Polstat STIS menjadi alternatif bagi para peserta yang menggunakan kacamata, dengan tingkat toleransi maksimal minus atau plus 6. Syarat ini menjadi angin segar para pejuang sekolah kedinasan karena di beberapa sekolah syaratnya adalah tidak menggunakan kacamata.  Syarat lain untuk tahap administrasi adalah nilai Matematika dan Bahasa Inggris di ijazah minimal 8. Hal ini tentunya perlu diketahui para peserta jauh sebelum mendaftarkan diri sehingga bisa mempersiapkan diri untuk meraih nilai maksimal di ujian sekolah sehingga bisa memenuhi syarat tersebut.

 

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Polstat STIS membuka kesempatan untuk lulusan SMA jurusan IPA dan IPS serta SMK Teknik Komputer dan Informatika. Namun biasanya Polstat STIS menjadi sekolah kedinasan favorit lulusan SMA jurusan IPA terutama yang menyukai hitung hitungan matematika dan fisika. Biasanya pendaftarnya kebanyakan adalah perempuan karena di Polstat STIS kegiatan militernya tidak sebanyak sekolah kedinasan lainnya.

Setelah persyaratan terpenuhi para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi. Pada tahun 2021 tahapan seleksi sebagai berikut:

  1. Tahap 1: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  2. Tahap 2: Matematika dan Psikotes
  3. Tahap 3: Kesehatan dan Kebugaran

Tes Matematika di Polstat STIS memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena digunakan untuk menguji kemampuan berhitung dan menganalisa, karena nantinya di perkuliahan para peserta akan dihadapkan dengan mata kuliah yang berhubungan dengan hitungan dan analisis. Peserta harus mempersiapkan diri dalam menghadapi semua tahapan tes karena sistem gugur berlaku di setiap tahapannya.

 

Berikut adalah jumlah pendaftar Polstat STIS pada tahun 2021.

D-IV Statistika menjadi jurusan terfavorit dengan jumlah pendaftar lebih dari 14ribu orang. Sedangkan D-III Statistika menjadi jurusan paling sedikit pendaftar. Hal ini menunjukkan peminat di jenjang D-IV lebih tinggi. Di seleksi tahap 1, hanya sebanyak 78,18% yang lulus passing grade. Namun lulus passing grade saja tidak menjamin peserta langsung berhak lanjut ke seleksi tahap berikutnya. Hanya sebanyak 35,99% saja yang menang di perankingan skala nasional dan maju ke tahap selanjutnya. Hal ini menunjukkan persaingan yang super ketat terjadi mulai dari seleksi tahap paling awal. Banyak yang akhirnya gugur dan tidak bisa melanjutkan langkah karena kurangnya persiapan dan nilai yang kurang maksimal.

Masterprima telah berpengalaman selama lebih dari 11 tahun mengantarkan para pejuang sekolah kedinasan meraih cita citanya di sekolah kedinasan impian termasuk Polstat STIS. Dibutuhkan strategi yang matang untuk menghadapi semua tahapan tes. Didukung oleh tentor berkualitas dan latihan soal dengan kisi kisi terupdate, Masterprima siap menjadi pembimbing setia para pejuang Polstat STIS sampai seleksi tahap akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *